01 Maret 2012

Cat Kayu

Cat Kayu dan Tiner


Cat Kayu
Pekerjaan pengecatan kayu ini berada dalam list Pekerjaan Finishing. Termasuk bagian paling akhir dalam periode pembangunan.

Daftar Pekerjaan Finishing:
Penataan Halaman
Pengecatan kayu
Pengecaan Logam


Metode pengecatan kayu dibagi menjadi dua, dioles menggunakan kuas ataupun disemprot memanfaatkan  compressor.

Metode Oles:
Hanya efektif menggunakan cat kayu padat yang mengubah warna dan menutup tekstur kayu.
Tahan Lama untuk penggunaan Eksterior.

Metode Semprot:
Efektif mengunakan cat kayu transparent yang tak mengubah tekstur kayu
Seperti
1.    Politur. Cat transparent jenis ini paling dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak dulu karena mudah digunakan dan dapat diaplikasikan untuk eksterior maupun interior.
2.    Melamik. Berpenampilan lebih halus daripada politer dan lebih tahan terhadap noda karena pori-porinya lebih tertutup tapi tak tahan UV. Sehingga dapat digunakan untuk interior saja.
3.      Polyurethane. Menghasilkan permukaan yang rata dan tidak mengubah warna dasar kayu. Cat ini tahan terhadap benturan, tidak mudah retak dan jika bernoda, mudah dibersihkan.
4.    Nitro Cellulose. Cat jenis ini tampilannya tipis sehingga terlihat natural, tak mengkilap, tak berbau, cepat kering.
5.    Akrilik. Cat akrilik biasanya digunakan untuk menampilkan warna muda (putih, pastel), dikarenakan kejernihannya, tahan benturan dan nda karena mampu menutup pori-pori kayu.

Kisaran Harga cat kayu:
Cat kayu padat AVIAN Rp 39.000
Tiner: Rp 16.000
Untuk pengerjaan cat kayu transparan menggunakan compressor, beberapa tenaga kerja daerah jawa tengah siap-sedia untuk harga dalam kisaran Rp 200.000- Rp 400.000/ Hari.


2 komentar:

  1. kerumah dong mas, bantu saya ngecat saya hehe nice info

    BalasHapus
  2. Jaooh mas rumahnya.. hehe... thanks

    BalasHapus

komentar

Yang Sempat Mampir