16 Februari 2013

Tembok Berjamur

dinding berjamur

Tembok berjamur
Fenomena ini saya temukan di bagian luar dinding kamar mandi yang kerannya bocor. Menyebabkan warna dari cat agak hitam putih dan berjamur. Beruntung sisi ini tertutup oleh lemari sehingga untuk sementara tembok berjamur ini tak mengganggu penglihatan dari luar.

tembok berjamur
Apa penyebab tembok berjamur?

Dari fenomena diatas, kesimpulan sementara saya mengenai penyebab dinding berjamur itu adalah tembok lembab dan berair sehingga mengundang para jamur untuk mendiami tempat tersebut. Dalam kasus diatas. Meski bagian dalam dinding kamar mandi sudah tertutup rapat dengan keramik dinding, pancuran air dari keran yang bocor itu tetap mampu membuat dinding menjadi lembab. Menyebabkan dinding di balik keran itu mengalami penjamuran. Penyebab lain bisa jadi dinding setelah pengacian tak diberi waktu cukup untuk menghabiskan air-air yang terdapat di dalamnya. Pengecatan dilakukan terburu-buru sehingga tembok yang masih lembab sangat mudah dihinggapi jamur.

Siapa saja jamur yang berani membuat pemukiman di dinding lembab?

Pokoknya jamur! Setelah saya cari kemana-mana tentang nama-nama yang patut dijadikan tersangka, Tetap saja nihil. Mungkin ada diantara pembaca yang tahu siapa-siapa saja yang atau dari suku mana datang jamur ini. Dengan ketidaktahuan ini, tidak diketahui pula apakah ada bahaya yang bisa ditimbulkan oleh jamur dinding ini.

Cara Mengatasi Tembok Berjamur.

Sebelum mengurus si jamur, ada baiknya juga tahu penyebab jamur itu bisa bermukim dan membereskan masalah itu terlebih dahulu. Contoh di atas dengan keran bocor ya untuk jangka panjang, sebaiknya keran itu diganti sehingga tak membasahi dinding kamar mandi terus menerus.

Karena saya belum tahu mengenai jenis jamur apa yang mendiami dinding tersebut. Maka tidak ada tindakan khusus untuk menanganinya, hanya pembersihan secara umum yang akan dilakukan. 

1.       Siapkan lap, (air cuka, fungisida, cairan pemutih baju) cairan yang mengandung air kaporit, masker, ember, kacamata, sarung tangan. Air kaporit dipercaya mampu mematikan jamur-jamur tersebut.

2.       Basahi lap dengan air kaporit itu lalu oleskan merata di daerah jamur bermukim. Tunggu sekitar sehari agar jamur-jamur itu mati.
Jika jamur itu membuat pondasi cukup kuat di permukaan dinding( mengerak), kerok jamur itu sampai dinding mulus kembali menggunakan kape dan amplas.

3.       Setelah bersih, biarkan dinding tersebut sampai benar-benar kering.

4.       Cat kembali dengan warna dan merk yang sama jika catnya mengelupas. Sebelumnya bisa menggunakan wall sealer agar jamur tak kembali. 
kape
  
Photos of dinding berjamur on the courtesy of jepretan dewe.
  Photos of kape on the courtesy of http://mbintanghp.wordpress.com/tag/kape.







5 komentar:

  1. rumahku juga dindingnya ada yg berjamur tuh.. biar suami aja yg ngatasi. Makasih ya tipsnya ^^

    BalasHapus
  2. lha kalau sumber kebocoran air yang menimbulkan lebab itu tidak dibereskan dulu, apa ke depannya si jamur nggak bakalan datang lagi?

    BalasHapus
  3. sama-sama @covalimawati...
    @sang nanang owh, kelalen kang... tuku keran dhisek iki... edit-edit...

    BalasHapus
  4. fungisida buat tembok yg bagus merk apa ya? apa bisa pakek yg buat tanaman?

    BalasHapus
  5. numpang promo. produk penyerap lembab terbaru karya anak bangsa dan sudah mendapatkan sertifikat pengakuan internasional.

    untuk pemesanan silahkan kunjungi : www.topdrygel.com

    BalasHapus

komentar

Yang Sempat Mampir